RPP Manusia purba di indonesia
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah : SMKN 1
ENDE
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah
Kelas/Semester :
X/1
Pertemuan Ke- :
I-II
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan kehidupan pada masa Praaksara
di Indonesia
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian dan pembagian zaman
Praaksara
• Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba
di Indonesia dan
di luar
Indonesia
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan
kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan
mampu
1. mendeskripsikan pengertian
Praaksara dan pembagian zaman Praaksara;
2. mengidentifikasi jenis-jenis
manusia purba di Indonesia dan di luar Indonesia;
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Praaksara dan
pembagian zaman Praaksara.
2. Jenis-jenis manusia purba di
Indonesia dan di luar Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Demonstrasi
4. Tanya jawab
5. Tugas
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Pendahuluan
1) Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
2) Apersepsi : guru mengingatkan
kembali pelajaran sejarah yang telah dipelajari.
3) Motivasi : guru
menjelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa
Praaksara.
b. Kegiatan Inti
1) Guru mengarahkan peserta didik
untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun
waktu masa Pra aksara.
2) Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok yang maksimal terdiri atas lima
orang.
3) Peserta didik mendiskusikan
tentang pengertian praaksara dan pembagian zaman
Praaksara.
4) Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
5) Kelompok lain memberi
tanggapan (tanya jawab)
6) Pada akhir diskusi, peserta
didik diberi tugas membuat bagan kronologi kurun waktu
masa Praaksara.
c. Penutup
1) Guru memberikan penguatan dari
hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok yang
dilakukan oleh peserta didik.
2) Guru membimbing peserta didik
untuk memberikan refleksi.
3) Guru memberikan tes singkat
dan memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk
membuat bagan kronologi kurun waktu masa
Praaksara di Indonesia.
2. Pertemuan Ke-2
a. Pendahuluan
1) Apersepsi : guru menanyakan
materi yang telah lalu.
2) Motivasi : guru
menjelaskan perlunya mempelajari jenis-jenismanusia purba dan
perkembangan
kehidupannya.
b. Kegiatan Inti
1) Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas
lima orang.
2) Guru memberi tugas membaca dan
mengamati buku referensi yang relevan kepada
peserta didik.
3) Diskusi tentang jenis-jenis
manusia purba dan perkembangan kehidupannya, baik di
Indonesia maupun di luar Indonesia.
4) Hasil diskusi dipresentasikan
oleh setiap kelompok dan kelompok lain menanggapi.
c. Penutup
1) Guru memberikan penguatan dari
hasil tanya jawab dan menyimpulkan hasil diskusi
kelompok.
2) Guru membimbing peserta didik
untuk memberikan refleksi.
3) Guru memberikan tes singkat
dan memberi tugas rumah kepada peserta didik.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah
Kelas VII SMP dan MTs.
2. Buku sejarah lain yang
relevan.
3. Atlas Sejarah.
4. Foto atau gambar sejarah.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis.
b. Tes penugasan.
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
1) Deskripsikan pengertian zaman
Praaksara!
2) Deskripsikan kurun waktu zaman
Praaksara secara kronologis!
3) Sebutkan jenis-jenis manusia
purba di Indonesia dan luar Indonesia!
4) Deskripsikan proses kedatangan
nenek moyang bangsa Indonesia!
5) Sebutkan tempat-tempat
persebaran nenek moyang bangsa Indonesia!
6) Deskripsikan perkembangan
kehidupan manusia purba!
7) Sebutkan jenis peralatan
kehidupan yang digunakan pada masa
Praaksara!
8) Sebutkan
peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Praaksara!
b. Tugas rumah membuat bagan
kronologi kurun waktu masa Praaksara!
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar