RPP Manusia purba di indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah                          : SMKN 1 ENDE
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah
Kelas/Semester                    : X/1
Pertemuan Ke-                     : I-II
Alokasi Waktu                      : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi             : Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar               : Mendeskripsikan kehidupan pada masa Praaksara
  di  Indonesia
Indikator                               : • Mendeskripsikan pengertian dan pembagian zaman
                                                     Praaksara
                                                  • Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia dan
                                                    di luar Indonesia

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan
mampu
1. mendeskripsikan pengertian Praaksara dan pembagian zaman Praaksara;
2. mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia dan di luar Indonesia;

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Praaksara dan pembagian zaman Praaksara.
2. Jenis-jenis manusia purba di Indonesia dan di luar Indonesia.

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Demonstrasi
4. Tanya jawab
5. Tugas

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1.     Pertemuan Ke-1

a. Pendahuluan
1) Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2) Apersepsi : guru mengingatkan kembali pelajaran sejarah yang telah dipelajari.
3) Motivasi    : guru menjelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa  
                         Praaksara.


b. Kegiatan Inti
1) Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun  
    waktu masa Pra aksara.
2) Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok yang maksimal terdiri atas lima 
     orang.
3) Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian praaksara dan pembagian zaman    
     Praaksara.
4) Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
5) Kelompok lain memberi tanggapan (tanya jawab)
6) Pada akhir diskusi, peserta didik diberi tugas membuat bagan kronologi kurun waktu  
     masa Praaksara.

c. Penutup
1) Guru memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok yang
     dilakukan oleh peserta didik.
2) Guru membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
3) Guru memberikan tes singkat dan memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk
     membuat bagan kronologi kurun waktu masa Praaksara di Indonesia.

2. Pertemuan Ke-2
a. Pendahuluan
1) Apersepsi : guru menanyakan materi yang telah lalu.
2) Motivasi    : guru menjelaskan perlunya mempelajari jenis-jenismanusia purba dan 
                        perkembangan kehidupannya.

b. Kegiatan Inti
1) Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas
     lima orang.
2) Guru memberi tugas membaca dan mengamati buku referensi yang relevan kepada
     peserta didik.
3) Diskusi tentang jenis-jenis manusia purba dan perkembangan kehidupannya, baik di
      Indonesia maupun di luar Indonesia.
4) Hasil diskusi dipresentasikan oleh setiap kelompok dan kelompok lain menanggapi.

c. Penutup
1) Guru memberikan penguatan dari hasil tanya jawab dan menyimpulkan hasil diskusi 
     kelompok.
2) Guru membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
3) Guru memberikan tes singkat dan memberi tugas rumah kepada peserta didik.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah Kelas VII SMP dan MTs.
2. Buku sejarah lain yang relevan.
3. Atlas Sejarah.
4. Foto atau gambar sejarah.

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis.
b. Tes penugasan.
2. Bentuk Instrumen

a. Tes Uraian
1) Deskripsikan pengertian zaman Praaksara!
2) Deskripsikan kurun waktu zaman Praaksara secara kronologis!
3) Sebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia dan luar Indonesia!
4) Deskripsikan proses kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia!
5) Sebutkan tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia!
6) Deskripsikan perkembangan kehidupan manusia purba!
7) Sebutkan jenis peralatan kehidupan yang digunakan pada masa
Praaksara!
8) Sebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Praaksara!
b. Tugas rumah membuat bagan kronologi kurun waktu masa Praaksara!



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran



Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengembangan bahan ajar